TUGAS MODUL CGP 1.1.a.10 AKSI NYATA PENERAPAN PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA DIKELAS & DISEKOLAH

 

1.4.a.10.2 Aksi Nyata - Budaya Positif - Forum Berbagi Aksi Nyata

 

Nama                          :  Heriyansah, S.Pd 

Asal Sekolah              :  SD Negeri Sanggar Jaya

Pengajar Praktik       :  Dina Khairunisa

Fasilitator                   :  Titik Sugihartilawati Dewi

 

1.      Perasaan selama melakukan perubahan di kelas

Saya merasa Penerapan yang dilakukan dari Pemahaman KHD tentang sistem Among/ Pamong dan Pelajar Pancasila yaitu Bergotong Royong sangat berpengaruh terhadap pembelajaran yang berlangsung dikelas saya, saya merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan awal berkolaborasi bersama CGP lainnya, dengan kita saling sharing dan bertukar pikiran mengenai kondisi belajar dimasing – masing sekolah, dapat membuat saya mempertimbangkan baik dan buruknya metode pembelajaran yang akan saya terapkan dikelas

 

2.      Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan

Menyikapi permasalahan pandemi covit-19 ini, sekolah dan guru dituntut kewajibannya untuk tetap memberikan pendidikan dan pengajaran serta memacu semangat kepada semua anak-anak didik. Walau anak-anak hadir kesekolah bukan berarti tidak ada pembelajaran, namun murid harus tetap semangat  belajar dari rumah (BDR) secara mandiri, dengan tetap mendapat pendampingan, pantauan, serta pengawasan dari guru dan orang tua.

 

Sesuai sistem yang ditetapkan oleh sekolah saya, berdasarkan hasil survey pemetaan kemampuan dan keadaan murid, yang diangkat dalam rapat dewan guru beserta Kepala Sekolah. Kesimpulan dari hasil rapat, maka sistem belajar yang dilakukan adalah secara Daring. Dengan tetap dibawah pantauan dan bimbingan guru dan orang tua, sehingga anak didik tetap mendapatkan pendidikan yang bermakna untuk kehidupannya kelak.

 

Terkait hal diatas, tidak menyurutkan semangat saya selaku  Pendidik dan Calon Guru Penggerak untuk merancang tindakan dan melakukan aksi nyata walau dalam kondisi pandemi dan murid belajar dari rumah (BDR) secara mandiri, dengan sistem Daring. Maka saya selaku peserta Calon Guru Penggerak, mengangkat dan mengambil salah satu topik aksi nyata  sesuai Kerangka Filosofis “ Merdeka Belajar “, mengacu pada Profil Pelajar Pancasila, yaitu Menanamkan Sikap Bergotong Royong Dalam Proses Pembelajaran Di Rumah Sambil Bermain Namun Bermakna Dan Menyenangkan Bagi Murid Di Masa Pandemi C.19

 

Menanamkan sikap Bergotong Royong dalam proses belajar, bekerja, dan berlatih dirumah sesuai kesenangannya maupun menggali bakat seni yang dia miliki sambil bermain namun bermakna dan menyenangkan bagi murid di masa pandemi C.19 ini, kegiatan pembelajaran ini melibatkan banyak pihak yang berada dilingkunga belajar siswa, ada kerja sama yang baik dari pihak sekolah, guru, maupun orang tua untuk mengarahkan dan memantau proses kegiatan mereka, dengan memberikan kemerdekaan belajar bagi murid tanpa ada tekanan dan paksaan, namun mereka tetap belajar sesuai bakat minat serta keinginan mereka sendiri sambil bermain, menyenangkan, namun bermakna. Sehingga murid tidak merasa bosan, jenuh dan tertekan dalam proses pembelajaran. Menciptakan pola belajar, bekerja, dan berlatih secara Bergotong Royong sesuai kesenangan minat dan bakat seninya di rumah masing-masing, sehingga dapat membuat anak lebih leluasa, bebas berekspresi, menyenangkan, serta percaya diri akan bakat dan kemampuannya

 

3.      Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik

Pada aksi nyata ini, siswa diajak untuk belajar melakukan pekerjaan serta latihan sesuai kemampuan kodratnya masing-masing secara Bergotong Royong, seperti : Membersihkan lingkungan setempat secara bergotong royong dan membersihkan rumah bersama dengan keluarga. Hal ini akan melatih rasa empati dan kepakaan anak terhadap lingkungan sekitar, perduli akan kelangsungan makhluk hidup, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, hal ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan anak kelak dikemudian hari.

 

4.      Rangkaian pelaksanaan (perencanaan, penerapan dan refleksi)

Perencanaan

a)         Pada minggu pertama, saya selaku CGP membuat rancangan aksi nyata. Dilanjutkan dengan konsultasi bersama pendamping serta pasilitator CGP. Setelah direvisi dan dinyatakan baik, maka saya melanjutkan ke tahap berikutnya.

b)        Melakukan sosialisasi rancangan aksi nyata kepada pihak sekolah untuk mendapatkan persetujuan dari Kepala Sekolah dan dukungan dari warga sekolah.

 

Penerapan

a)         Pada minggu ke dua, memberikan sosialisasi kepada wali siswa tentang kegiatan aksi nyata serta menjalin kerjasama dalam membimbing serta mengarahkan anak dalammembiasakan diri untuk hidup Rukun dalam bergotong royong. Memberikan penjelasan kepada murid berkaitan kegiatan aksi nyata tentang sikap Bergotong Royong serta contoh sikap Bergotong Royong. Membagikan tugas tentang bekerjasama serta jadwal belajar, berlatih, dan bekerja di rumah secara mandiri.

b)        Pada minggu ke tiga, siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menanamkan sikap bergotong Royong sambil bermain namun menyenangkan dirumah masing-masing dengan tetap didampingi orang tua.

 

 

 

 

Refleksi tentang kegiatan aksi nyata

a)         Pelaporan Aksi Nyata

Pada minggu ke empat CGP membuat pelaporan berkaitan tentang aksi nyata yang sudah di laksanakan.

Adapun hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah sebagai berikut :

·           Siswa ternyata sangat antusias belajar, berlatih, serta bergotong rotong di rumah dengan rasa gembira, menyenangkan, sambil bermain namun bermakna. Sehingga proses pembelajaran anak menyenangkan sesuai kodratnya masing-masing.

·           Pendidik sangat mendukung dan menyambut baik aksi nyata ini, yang ternyata membuat anak lebih bersemangat belajar, berlatih, serta bekerja sama secara bergotong royong tanpa paksaan dan tekanan dengan gembira serta menyenangkan.

·           Sekolah sangat mendukung penuh serta membantu dalam kegiatan aksi nyata, sehingga kegiatan aksi nyata bisa berjalan dengan baik.

·           Adanya apresiasi penuh dari Bapak Kepala Sekolah, agar aksi-aksi nyata berikutnya dapat terus menerus di lakukan di sekolah maupun di kelas, untuk memotivasi guru dan rekan pengajar yang lain lebih semangat dalam berinovasi dalam merancang proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak murid.

 

b)        Pembelajaran yang didapat dari pelaksanaan :

·           Kegagalan : Waktu yang sudah terjadwal tertunda, Karena di masa pandemi C.19 ini kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan sistem Daring, sehingga terkendala dalam memantau murid ke rumah-rumah dengan jarak jauh dari rumah. Namun masih tetap bisa diatasi.

·           Keberhasilan :

ü  Penanaman sikap bergotong royong kepada anak dapat terakomodir dan dimengerti serta dapat di terapkan langsung oleh murid di rumah masing-masing.

ü  Murid sangat merasa tertarik dengan pembelajaran yang menyenangkan sambil bermain namun bermakna.

ü  Tercapainya tujuan dari pembelajaran yang sudah dirancang.

ü  Adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah, guru, dan orang tua siswa.

ü  Terwujudnya pembelajaran seperti pada Taman Siswa, dengan menerapkan merdeka belajar berpedoman pada profil Pelajar Pancasila.

 

c)      Adapun rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang :

·           Adanya penjadwalan yang tersusun baik secara berkelanjutan untuk aksi – aksi nyata berikutnya.

·           Adanya ide-ide kreatif baru berkaitan pembelajaran yang mencerminkan pemikiran dari Ki Hajar Dewantara di sekolah maupun di kelas.

·           Adanya kerja sama secara menyeluruh dengan melibatkan semua pihak yang dapat mendukung aksi – aksi nyata berikutnya.

·           Adanya rancangan aksi nyata lanjutan yang membuat guru – guru lain termotivasi

·           Adanya aksi nyata lanjutan dengan rancangan baru yang dapat memotivasi murid belajar lebih menyenangkan.

 

 

DOKUMENTASI KEGIATAN

AKSI NYATA

 

 

Sosialisasi Kegiatan dengan siswa

Pembagian jadwal kegiatan

Penjelasan Tugas

Aksi nyata siswa Bergotong Royong membersihkan saluran air

Aksi nyata siswa bergotong royong membersihkan rumah

Aksi nyata siswa bergotong royong membersihkan halaman rumah

 

Komentar